Sabtu, 10 September 2011

Tasbih

Tasbih telah umum digunakan oleh berbagai agama walaupun jumlah dan rangkaiannya berbeda-beda. Islam, Katolik, Kristen, Yahudi, Budha, Hindu dan Sikh menggunakan rangkaian tasbih untuk menghitung jumlah doa yang mereka baca. Tasbih juga digunakan untuk meditasi, melindungi dari energi negatif dan juga bermanfaat untuk relaksasi dan melepaskan stress.

Penggunaan tasbih untuk bermeditasi telah dilakukan sejak lama. Tasbih memberikan efek fisik, metafisik dan psikologis bagi penggunanya. Tasbih penuh dengan energi positif yang mengalir dalam kehidupan penggunanya.

Jumlah butiran tasbih bermacam-macam untuk berbagai agama. Tasbih agama Islam berjumlah 99 atau 33 butir. Untuk agama Budha dan Hindu Brahma biasanya berjumlah 27 butir atau 108. Katolik Roma menggunakan rosario menggunakan 54 + ditambah 5 butir sementara Kristen Ortodoks menggunakan rosario 100 butir.


Tasbih biasanya dibuat dari batu permata, kayu atau biji-bijian. Beberapa batu yang biasa digunakan adalah kecubung, turquise, onix dan mutiara. Sementara kayu yang biasa digunakan untuk tasbih adalah gaharu, cendana dan sonokeling.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar